|
|
|
|
|
|

Monday 27 April 2009

Kursus dari Mas Karmin untuk Ikang dan Marissa

Mas Karmin Kekasih Allah… jazakumullah khoir telah memberikan Ikang suamiku dan saya kursus ICT di detik.com ya? God bless you my brother…

Salam kasih, Ikang dan Marissa.

Selama ini stigma atau persepsi kebanyakan orang, artis itu identik dengan keglamouran yang menyilaukan. atau kalau di infotainment, perilaku jeleknya saja yang mengemuka.

namun bertemu dengan ikang fawzi, rocker pengusaha sekaligus politisi, persepsi itu terbantahkan. begitu selesai jabat tangan perkenalan, ia langsung mengajak shalat berjamaah.

duh, bagaimana aku harus menjawabnya? waktu itu aku sedang malas untuk shalat. beruntung ada teman lain yang sangat rajin dengan riang menemaninya ke mushala.

menyenangkan bertemu dengan rocker yang terkenal lagunya “preman” nya itu. ia sangat terbuka dan riang menceritakan dirinya. termasuk masa kecilnya yang selalu berpindah.

sewaktu masih dalam rahim ibunya tinggal di mesir. menumpang lahir di Jakarta ia lanjutkan masa tk dan sd nya di belgia. smp di tokyo.

sebagai anak diplomat ia diwajibkan bisa berkesenian. sehingga ahmad zulfikar fawzi ini sempat belajar menari, bermain musik (baik tradisional dan barat). di sekolah republik indonesia tokyo ia membuat band. dan ia ia sebagai drummer.

di sini keinginan bermusiknya makin menggelora. seluruh uang saku yang ia terima dipakai untuk kegiatan bermusik. ketika pulang ke indonesia ia sering ngeband. pernah ia sebagai roddies (crew) pada grup band terkenal.

sewaktu di sma 3 jakarta, ia berkenalan dengan fariz rm. mereka membentuk vocal grup. tonggak awal kariernya di musik adalah apda tahun 1978. ikang fawzi memenangi lomba cipta lagu remaja prambors. judul lagunya cahaya kencana, yang lalu di populerkan oleh ahmad albar.

dari sini karirnya sebagai musisi mulai tampak gemilang. salah seorang produser mengusulkan untuk membuat band. muncullah staff band yang mengusung genre fussion. dia yang menjadi vokalisnya, karena tak ada pilihan yang lebih baik. sayang band ini bubar.

bintangnya makin terang ketika ia bersolo karir. album pertamanya selamat malam sukses besar. sejak itu orang mengenalnya sebagai rocker. karirnya melebar ke film dan iklan. dia bertemu marissa haque pertama kalinya dalam film tinggal landas buat kekasih.

diantara lagu-lagunya, yang paling melekat dibenak banyak orang adalah lagu preman. menurutnya lagu itu momentnya pas. ketika itu pemerintahan orba, demonstrasi dimana-mana dan para pejabat tak konsisten, tak ada setia kawan.

(bukankah sampai sekarang blm berubah mas?)

laki-laki yang menjadi pengurus rei (real estate indonesia) ini mengaku tak bisa hidup tanpa musik. setiap saat, dimanapun ia selalu bermain musik, meski tak ada audience. dengan main musik ia bisa fresh.

sampai sekarang ia telah mencipta 6 album dan berlakon di 18 film. film terbarunya, married by accident masih tayang di bioskop saat ini. padahal saat ini ia sangat sibuk mengurus bisnis real estatenya.

Menekuni bisnis perumahan sejak tahun 1990. meski sempat terguncang krisis moneter, bisnisnya tetap eksis. waktu itu bunga bank mencapai 70%, bisnisnya macet. ia harus mengembalikan utang ke bank.

ini berbeda dengan para pengemplang utang kelas paus yang kabur ke luar negeri. mereka menperoleh perlakuan khusus memperoleh diskon 50% dan bunganya di hapus.

Sebagai pengembang, hingga sekarang ia telah membangun ratusan hektar perumahan kelas menengah ke bawah.

ketika kutanya lebih nyaman menjadi pengusaha atau artis, dia menjawab mantap, enak jadi artis. karena meski punya nama tenar, sebagai businessman ia harus bersaing dengan competitor dan mencari celah.

sekarang ia mencalonkan menjadi caleg no 1 dari pan untuk daerah pemilihan pandeglang, kampung leluhurnya. beberapa bulan lalu ia pulang kampung. menurutnya ini momen yang melegakan. ia merasa menang. karena ia sukses menjalin silaturahmi dengan keluarga besarnya.

caleg dari pan ini menilai masyarakat sekarang ini membutuhkan dialog. hal yang ingin diperjuangkan sebagai wakiol rakyat adalah infrastruktur. pilihan yang mungkin tak populer. menanggapi itu ia berkementar pendek, popularitas sudah dia dapatkan, sekarang ia bertekad meneruskan cita-cita kakeknya.

menurutnya, dulu kakeknya adalah orang banten yang menjadi residen di jakarta. dengan suara serak, berbuat bijak. seperti yang ia terakan di blognya

sebenarnya dia bersentuhan dengan politik sejak sepuluh tahun lalu. tahun 1997, amien rais datang ke rumahnya. ikang mengumpulkan teman-teman yang mayoritas artis. mereka mengadakan dialog tentang reformasi.

saat itulah ia sudah mendapatkan tawaran untuk bergabung. namun ia menolak. saat itu negara dalam keadaan gawat. perlu orang-orang yang lebih siap dan berkualitas. selain itu ia masih sibuk dengan karir dan bisnisnya.

dulu cita-citanya ingin menjadi tentara. sehingga waktu itu ia selalu tampak cepak rambutnya. obsesinya itu tampak usahanya untuk mengganti namanya menjadi broto. nama ini terinspirasi dari dari nama pahlawan nasional gatot subroto.

***

No comments:

Post a Comment